LKS INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN SEKITARNYA
Tujuan
Mengetahui bentuk-bentuk interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
Cara Kerja
- Baca dengan cermat data hasil pengamatan atau contoh peristiwa yang terjadi tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya berikut.
- Tentukan bentuk interaksinya. (Netralisme, Kompetisi, Predasi, Parasitisme, Mutualisme, Komensalisme, dan Amensalisme)
NO
|
PERISTIWA YANG TERJADI
|
BENTUK INTERAKSI
|
1
|
Seekor singa jantan memangsa anaknya
|
|
2
|
Pada kelompok gajah, gajah jantan melindungi gajah
betina dan anaknya
|
|
3
|
Beberapa ekor anak ayam berebut makanannya
|
|
4
|
Pada koloni lebah yang hidup dalam satu sarang, ada
lebah yang hanya bertugas mencari makan, ada lebah yang bertugas member perlindungan,
dan ada pula lebah yang khusus bertelur untuk menjamin keberlangsungan
generasinya.
|
|
5
|
Seekor anjing jantan menyerang anjing jantan lain
yang mendatangi tempatnya.
|
|
6
|
Serigala berburu bersama-sama dengan serigala lain
untuk mencari makan
|
|
7
|
Seekor kucing memangsa tikus.
|
|
8
|
Burung pemakan biji hidup bersama dengan burung
pemakan buah.
|
|
9
|
Jamur kulit hidup pada kulit manusia
|
|
10
|
Di bawah pohon Acacia
mangium sulit tumbuh tumbuhan lain karena serasah daun daun Acacia mangium sangat tebal dan sulit
hancur sehingga menutupi hampir seluruh permukaan tanah di bawahnya.
|
|
11
|
Bakteri pengikat nitrogen hidup dalam bintil-bintil
akar tanaman kacang tanah. Bateri tersebut mengikat nitrogen dari udara yang
diperlukan oleh tanaman kacang tanah.
|
|
12
|
Anggrek bulan hidup di dahan pohon beringin.
|
|
13
|
Alang – alang hidup dalam satu lahan dengan tanaman
kacang tanah.
|
|
14
|
Burung Jalak hinggap dan memakan kutu yang terdapat
pada tubuh kerbau.
|
|
15
|
Jamur Penicillium
notatum mengeluarkan zat antibiotic penisilin yang dapat hidup dan tumbuh
di dekatnya.
|
|
16
|
Tumbuhan tali putri hidup menempel pada cabang atau
ranting pohon beluntas.
|
|
17
|
Ikan remora memperoleh makanan dari sisa-sisa
makanan ikan hiu dan ia terlindungi dan pemangsanya.
|
|
18
|
Semut memindahkan kutu buah dari buah yang satu ke
buah yang lain.
|
|
19
|
Ulat dan belalang hidup di sehelai daun padi yang
sama.
|
|
20
|
Kambing dan katak di suatu habitat lapangan rumput.
|
Diskusikan
- Berdasarkan data contoh peristiwa tersebut, apakah anatarmakhluk hidup memiliki bentuk interaksi yang sama?
- Tuliskan macam-macam bentuk interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Jelaskan bentuk interaksi tersebut.
- Buatlah kesimpulan dari data tersebut.
Tim Abdi Guru. 2013. IPA TERPADU Jilid 1 Kelas VII SMP/MTs. Jakarta . PT. Gelora Aksara Pratama
Jawabannya apa
BalasHapus