PEMANFAATAN MEDAN MAGNET PADA MIGRASI HEWAN

Pernahkah kalian melihat fenomena Migrasi Burung atau Migrasi Ikan Paus secara berkelompok atau bergerombol ? Mengapa hewan-hewan tersebut bemigrasi ? Adakah hal yang mempengaruhinya ? Mari kita simak fenomena alam yang saling berkaitan tersebut.

Puji syukur alhamdulillah, kita panjatkan tak henti-hentinya atas segala sesuatu yang tercipta dan terjadi di bumi ini. Semua kuasa-Nya menjadikan segala sesuatunya berjalan dengan sempurna. 



Medan magnet bumi merupakan daeran di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi.


Sifat kemagnetan bumi ditimbulkan karena bumi berotasi, kutub utara magnet bumi berada di sekitar kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi. Antara kutub utara magnet bumi dengan kutub selatan bumi tidak berhimpit, hal ini juga terjadi pada kutub selatan magnet bumi. Akibat hal tersebut maka bila kita melihat kompas menunjukkan arah selatan ini berarti tidak menunjukkan arah selatan persis tetapi mengalami penyimpangan sedikit dari kutub selatan bumi. Penyimpangan ini membentuk sudut yang disebut dengan sudut deklinasi.


Medan magnet bumi berada di sekitar kutub-kutub bumi dengan araha berkebalikan  Kutub Utara magnet bumi berada di sekitar Kutub Selatan bumi, sedangkan Kutub Selatan magnet bumi berada di Kutub Utara Bumi. Medan Magnet Bumi tersebut mempengaruhi migrasi hewan, mempermudah mencari mangsa, atau menghindari musuh. Migrasi pada hewan merupakan gerakan periodik dari tempat awal tinggal menuju perjalanan ke habitat baru dan sebaliknya. Hewan yang melakukan migrasi antara lain ikan salmon, burung, penyu, lobster duri, ikan paus dan bakteri.

  1. MIGRASI BURUNG
Siapa sih yang tak mengenal tentang burung??? hewan yang seringkali membuat iri yang melihat, karena dapat terbang bebasnya melihat indahnya pemandangan seluruh jagad raya. Maha besar Allah menciptakan semua makhluk dengan hebatnya. 



.Fakta menarik pada burung :
  • Burung memiliki sel- sel kemagnetan dalam tubuhnya yang disebut BIOMAGNETIK yang akan membantu sistem navigasi burung saat terbang.
  • Mata Burung memiliki reseptor magnetik untuk menangkap sinyal magnet sehingga burung tidak akan tersesat ketika melakukan migrasi.

  • Burung melakukan migrasi keika terjadi pergantian musim.
2. MIGRASI IKAN SALMON



  • Ikan salmon menggunakan medan magnet bumi untuk melintasi lautan dalam menuntun perjalanan demi berkembangbiak
  • Setiap tahun, jutaan ikan Salmon akan bermigrasi ke tempat awal mereka ditetaskan di daerah sungai untuk melakukan pemijahan
  • Salmon akan mengingat medan magnet ketika pertama memasuki laut saat masih berupa ikan muda dan sekali ketika mereka dewasa untuk mencari lokasi yang sama dan jalur medan magnet yang sama
  • Berikut ini merupakan gambar dari siklus hidup ikan salmon
3. MIGRASI PENYU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKS INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN SEKITARNYA

LKS TARIKAN MAGNET TERHADAP BENDA